Bupati Banggai Resmikan PAUD Aisyiyah dan Sarana Air Bersih Dusun Tombiobong 

Banggai - Bupati Banggai Amirudin meresmikan PAUD Aisyiah dan sarana air bersih perpipaan Komunitas Adat Suku Loinang, di Dusun Tombiobong, Desa Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan, pada Selasa (12/7).

Pembangunan fasilitas tersebut merupakan bagian dari program kerja Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Banggai dengan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi Tengah.

Bupati Amirudin, dalam sambutannya mengatakan akan memberikan bantuan Rp5 juta kepada tujuh orang guru di Dusun Tombiobong, yang menurut laporan, telah mengabdi dengan sepenuh hati, walaupun harus melalui akses jalan yang sulit dengan honor sedikit.

"Kedepan pada saat penerimaan PPPK, kami usahakan guru-guru di Tombiobong akan diangkat, karena berdasarkan aturan, penetapannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah," imbuh bupati Banggai sambil terisak akibat haru setelah sebelumnya mendengarkan perjuangan para guru di Dusun Tombiobong.

Dirinya juga meyakinkan bahwa dalam waktu dekat, pembangkit listrik tenaga micro hydro akan segera dibangun di Dusun Tombiobong.

"Silakan dari Aisyiyah bersama konsultan untuk menyusun perencanaan lalu masukan proposalnya di Pemda, pasti kita bantu," tegas bupati.

Tidak lupa pula, bupati Banggai memberikan apresiasi kepada Job Tomori dan Pimpinan Aisyiyah atas kontribusi mereka dalam membantu kehidupan masyarakat.

Di kesempatan yang sama, bupati Banggai menyerahkan bantuan 10 karung beras kepada masyarakat Dusun Tombiobong.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Banggai, Sri Moksa Djalamang selaku penanggung jawab kegiatan, menekankan bahwa organisasi perempuan tersebut sangat memperdulikan tumbuh kembang dan pendidikan anak di Kabupaten Banggai dengan mendirikan fasilitas pendidikan dan mengadakan program-program untuk mencegah stunting.

"Kami memiliki lembaga PAUD terbanyak di Kabupaten Banggai, Tomboibong adalah Paud kami yang ke 27, dibangun tanpa proposal, tetapi karena yang dilakukan adalah hal baik, pasti banyak yang akan membantu, salah satunya pihak JOB Tomori, sama halnya dengan fasilitas air bersih," jelasnya.

Turut hadir, Wakil Bupati Banggai periode 2016-2021 Mustar Labolo, Kepala DKISP Banggai Hasanudin Idris, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banggai Alfian Djibran, Pengurus (PD) Aisyiyah serta Muhammadiyah Kabupaten Banggai, Camat Batui Selatan Fadil Akbar, Kepala Desa Maleo Jaya Zainal Abidin serta Pimpinan dan karyawan JOB Tomori.